Selamat membaca
Sambut Hari Bumi Sejak Dini
semoga bermanfaat

judul widget leftbar

Sambut Hari Bumi Sejak Dini

Sambut Hari Bumi Sejak Dini




Menyambut Hari Bumi Sedunia ke-42 yang jatuh pada tanggal 22 April 2012, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia turut aktif menggelar berbagai kegiatan.  Kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Bumi ini diprakarsai oleh para mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan  Biro Perencanaan Kerja sama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dari prodi Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan. 


Hari bumi pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap lingkungan, demikan ungkap Eva Hapsari, selaku ketua panitia kegiatan Hari Bumi.  Menurut Eva, peristiwa gempa Aceh 8,5 SR yang baru-baru ini terjadi dan berbagai bencana alam yang terjadi sebelumnya telah mengindikasikan betapa telah tuanya bumi sebagai tempat tinggal yang kita diami selama ini. Hari bumi terkadang tidak diketahui oleh sebagian kalangan masyarakat karena kurangnya informasi yang mereka dapatkan.
Hal inilah yang terkadang menjadi salah satu faktor tidak pedulinya akan hari-hari besar lingkungan hidup, 
papar mahasiswi Teknik Lingkungan angkatan 2010 ini. “Love Earth and Go Green” merupakan tema sekaligus yel-yel  yang diusung dalam acara peringatan Hari Bumi kali ini. Serangkaian  kegiatan yang berlangsung pada tanggal 21-22 April 2012 digelar di SDN Krawitan Sleman Yogyakarta. 

Dekan FTSP, Prof. Mochamad Teguh, MSCE, Ph.D, mengungkapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat membuka kesadaran siswa-siswi SD sejak dini untuk terus menjaga dan melestarikan 
lingkungan tempat mereka tinggal. Kedepannya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat kepada lingkungan semenjak dini, disertai dengan tindak lanjut penghijauan dan lainnya, sehingga menciptakan masyarakat yang kreatif, inovatif dan cinta terhadap bumi.  


Berbagai kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Bumi ini diantaranya meliputi kegiatan penyuluhan, Senam 
bumi sehat, Lomba menggambar dan berkreasi dengan sampah, serta penanaman sebanyak 42 bibit pohon di pekarangan sekolah. Dalam penanaman pohon ini, panitia dan pihak sekolah telah menyepakati kerjasama untuk merawat pohon secara bersama-sama dengan pemantauan satu bulan sekali secara rutin. 

Hal tersebut dimaksudkan agar siswa-siswi SD sebagai calon generasi penerus bangsa bisa memiliki sifat memelihara lingkungan dari hal-hal yang kecil seperti ini. Selain dari pihak fakultas, kegiatan ini juga didukung oleh Pusat Studi Lingkungan UII dan Dinas Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Any Juliani ST, MSc, selaku Direktur PSL UII, mengatakan dengan diadakannya peringatan Hari Bumi yang diterapkan 
pada siswa/i SD Krawitan Sleman Yogyakarta ini, akan menjadi pembelajaran diantaranya yaitu kerjasama, kepercayaan diri lebih kuat, sportifitas, dan kesadaran betapa pentingnya menjaga lingkungan sejak dini tanpa mengesampingkan aspek akademik, papar Any yang juga dosen Teknik Lingkungan UII.

penulis : eva hapsari
editing : sekretaris dekan (Renny Wijaya)

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Tes Paragraf

Judul widget rightbar

Template Oleh trikmudahseo